Senin, 26 Maret 2012

OLAHRAGA BOLA VOLI

Olahraga yang satu ini bias di bilang olahraga urutan ke tiga setelah sepak bola dan bulu tangkis. Olahraga ini sudah sangat popular tetapi banyak orang yg tidak tau asal mula olahraga yang menggunakan kekuatan tangan ini. Nah kali ini saya mencoba sedikit mengulas perkembangan bola voli, perkembangan sampai dengan peraturannya.

Sejarah singkat :
Pada awal penemuannya, olahraga bermain voli ini diberi nama Mintonette. Olahraga mintonette ini pertama kali ditemukan oleh seorang instruktur pendidikan jasmani ( Director of Phsycal Education ) yng bernama William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Febuari 1895, di Holyoke, Massachusetts ( Amerika Seikat ).
Perunbahan nama Mintonette menjadi volleyball (bola voli ) terjadi pada tahun 1896, pada demonstrasi pertandingan pertamanyadi international YMCA Training School.
Nama volleyball sendiri dipilih berdasarkan gerakan – gerakan utama yang terdapat pada permainan tersebut, yaitu gerakan memukulo bola sebelum bola tersebut jatuh, yaitu gerakan memukul bola sebelum bola tersebut jatuh ke tanah.

PERKEMBANGAN VOLI DI INDONESIA
Pertandingan bola voli masuk acara resmmi dalam PON II 1951 di Jakarta dan POM I di Yogyakarta tahaun 1951. Setelah tahun 1962 perkembangan bola voli bseperti jamur tumbuh di musim hujan banyaknya klub – klub bola voli di seluruh pelosok tanah air.
Untuk pertama kalinya dalam sejarah bperbolavolian Indonesia, PBVSI telah dapat mengirimkan tim bola voli yunior Indonesia ke kejuaran Dunia di Athena Yunani yang berlangsung dari tanggal 3-12 september 1989.

PERATURAN DAN CARA PERMAINAN
Lapangan permainan ukura lapangan bola voli ukuran lapangan bola voli yang umum adalah berukuran 9 meter x 18 meter. Ukuran net putra 2,43 meter dan untuk net putrid 2,24 meter. Garis batas penyerangan untuk pemain belakang, jarak 3 meter dari garis tengah ( sejajar dengan net ). Untuk ukuran garis tepi lapangan adalah 5 cm.
Cara permainan ini di nmainkan oleh 2 tim yang masing – masing terdiri dari 6 orang pemain dan berlomba – lomba mencapai angka 25 terlebih dahulu. Dalam sebuah tim, terdapat 4 peran penting, yaitu Tosser ( setter ),spiker (tukang smash), libero, dan defender ( pemain bertahan ).

TEKNIK BOLA VOLI
1.      SERVICE
Serbice ada beberapa macam :
·         Service atas adalah service dengan awalan melemparkan bola ke atas seperlunya.
·         Service bawah adalah service dengan awalan bola berada di tangan yang tidak memukul bola.
·         Service mengapung adalah service atas dengan awalan dan cara memukulk yang hampir sama.
2.      PASSING

·         Passing bawah ( pukulan / pengambilan tangan ke bawah )
1.      Sikap badan jongkok, lutut agak tekuk.
2.      Tangan dirapatkan, satu dengan lain di rapatkan.
3.      Gerakan tangan disesuaikan dengan keras / lemahnya  kecepatan bola.\
·         Passing ke atas ( pukulan / pengambilan tangan keatas )
1.      Sikap badan jongkok, lutut agak ditekuk
2.      Badan sedikt condong kemuka, siku ditekuk jari – jari terbuka membentuk lekungan  setengah bola.
3.      Ibu jari dan jari saling berdekatan membentuk  segitiga
4.      Penyentuhan pada semnua jari – jari dan gerakannya meluruskan kedua tangan.
3.  SMASH
Smash adalh suatu pukulan  yang kuat dimana tangan kontak dengan bola secara penuhpada bagian atas, sehingga jalannya bolan terjal dengan kecepatan ti8nggi, apabila pukulan bola lebih tinggi berada di atas net, maka bola  dapat dipukul tajam ke bawah.


4. MEMBENDUNG ( BLOCKING )
            Sikap memblok yang benar adalah :
            1. jongkok, bersiap untuk melompat
            2. lompat dengan kedua tangan rapat dan lurus ke atas
3. saat mendarat hendaknya langsung menyingkir  dan member kesempatan                  pada kawan satu regu untuk bergantian memblok

           

1 komentar:

  1. Olahraga bola volley cocok dimainkan pemain yang jangkung, tinggi dan lincah untuk menjaga net

    BalasHapus